Tuesday 23rd April 2024
    [otw_is sidebar=otw-sidebar-1]

    Guru Penggerak A9: TTU Dapat Jatah 52 Orang CGP dan 7 Orang PP

     

    Program Guru Penggerak yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  adalah untuk menjadikan guru sebagai pemimpin pembelajaran saat ini dan masa depan. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.  Guru yang lolos seleksi tetap menjalankan tugas mengajar di sekolah.

    Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) sebagai salah satu persyaratan menjadi pemimpin satuan pendidikan (Kepala Sekolah), selain itu juga guru penggerak yang telah menyelesaikan pendidikan dan dinyatakan lulus dengan sertifikat guru penggerak bisa melamar menjadi pengawas sekolah di setiap satuan pendidikan.

    Proses seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) dilakukan melalui beberapa tahap dengan syarat dan ketentuan berlaku. Kriteria umum CGP adalah guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK, PNS maupun non PNS, sekolah negeri maupun swasta, Pendidikan minimal S1, telah mengajar minimal 5 tahun dan masa kerja tidak kurang dari 10 tahun, harus terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik).

    Hingga saat ini, Direktorat Jenderal GTK telah mempersiapkan CGP angkatan 9 melalui surat Nomor : 1608/B3/GT.00.08/2023, tertanggal  29 Mei 2023 perihal Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Guru Penggerak Angkatan 9. Proses seleksi tahap 2 telah menetapkan  sejumlah 33.729 orang telah mengikuti seleksi tahap 2 pada tanggal 24 Maret s.d.13 Mei 2023, dan sejumlah 19.939 orang dinyatakan lulus seleksi tahap 2.

    Jumlah CGP 19.939 orang yang dinyatakan lulus seleksi tahap 2 akan diteruskan pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 dengan mempertimbangkan ketersediaan Pengajar Praktik (PP) di setiap daerah kabupaten / kota. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Sedangkan untuk angkatan berikutnya nanti disampaikan kemudian. Informasi tentang PGP dapat diakses melalui akun SIM PKB CGP pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

    Calon Guru Penggerak Angkatan 9 (CGP-A9) yang dinyatakan lulus pada tahap 2 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) adalah 52 orang guru dengan rincian sebagai berikut: SMA = 13 orang, SMK = 4 orang, SMP = 30 orang, SD = 5 Orang, TK = tidak ada. Sedangkan Pengajar Praktek (PP) berjumlah 7 orang guru yang terdiri dari SMA = 1 orang, SMK 2 Orang, SMP = 2 orang, SD = tidak ada, TK = 2 orang. Daftar nama CGPA9 dan CPP dapat diakses melalui laman portal guru penggerak.

    Selamat berjuang untuk teman-teman guru yang lulus tahap 2 CGP A9 2023 menjadi guru pemimpin pembelajaran saat ini dan masa depan. Dipundakmu telah dititipkan nasib generasi Z untuk Indonesia Unggul. Bagi yang belum lulus CGP A9 bisa mengikuti program selanjutnya tetap semangat menjadi guru penggerak.***

    [otw_is sidebar=otw-sidebar-6]

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Tinggalkan Balasan