Tuesday 23rd April 2024
    [otw_is sidebar=otw-sidebar-1]

    Misa Awal Tahun Pelajaran 2023/2024: Bertobatlah Seperti Maria Magdalena

    Dokumen Penulis

    Misa pembukaan awal tahun pelajaran 2023/2024 berlangsung di gereja katolik Paroki Bunda Allah Ponu. Perayaan misa awal tahun pelajaran dimulai pukul 09.00 wita yang dipimpin langsung oleh pastor paroki, Rm Jhon Paul Naben, Pr.

    Perayaan misa awal tahun pelajaran melibatkan seluruh peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang berada di wilayah paroki Bunda Allah Ponu. Petugas koorsponsor (paduan suara) dari SMP Swasta Maria Bintang Laut (MBL) Ponu.

    Perayaan misa sekaligus mengenang pesta Santa Maria Magdalena. Santa Maria Magdalena adalah seorang wanita Yahudi yang setia mengikuti Yesus dalam pewartaan Tuhan. Ia menjadi saksi hidup dalam peristiwa penyaliban, penguburan dan kebangkitan Yesus.

    Di awal misa pembukaan awal tahun pelajaran 2023/2024, Rm.Jhon Paul Naben, Pr. mengajak umat sekalian untuk belajar mengikuti Tuhan, seperti Santa Maria Magdalena yang selama hidupnya selalu belajar dari Tuhan.

    Judul kotbah, “bertobatlah seperti Maria Magdalena”. Mengawali khobat, pastor pemimpin misa mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik, “siapa yang namanya Maria Magdalena silahkan maju ke altar”. Terdapat tiga orang siswa tampil di atas mimbar sekaligus memperkenalkan nama dan asal sekolah. Ada Maria Magdalena Binsasi, Maria Magdalena Elu dan Maria Fatima. Ketiga peserta didik bercita-cita menjadi suster.

    Dalam Kitab Suci, Maria Magdalena adalah wanita yang selama hidupnya selalu setia dalam mengikuti Yesus. Wanita yang dibebaskan dari roh jahat adalah Maria Magdalena. Keistimewaan Maria magdalena adalah mengikuti Yesus dari peristiwa penyaliban, penguburan dan kebangkitan. Mereka yang namanya sama dengab Maria Magdalena harus belajar seperti Santa Maria Magdalena yang hidupnya hanya untuk Tuhan.

    Pertanyaan berikutnya adalah istilah OTW. “Siapa yang tau arti OTW, silahkan tampil ke depan”. Terdapat dua siswa yang tampil dengan penuh percaya diri. Keduanya menjawab dengan lantang arti kata OTW. Artinya On The Way, dalam perjalanan. Kedua orang siswa tersebut memiliki cita-cita menjadi dokter dan petani sukses. Kata OTW juga dialami langsung oleh Santa Maria Magdalena yang mengandung arti setia dalam perjalanan bersama Tuhan.

    Semoga bapak dan ibu guru bersama siswa sekalian, tetap setia menjalankan tugas dan kewajiban di awal tahun pelajaran 2023/2024. Tuhan memberkati.***

    [otw_is sidebar=otw-sidebar-6]

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Tinggalkan Balasan