Tuesday 23rd April 2024
    [otw_is sidebar=otw-sidebar-1]

    Memahami Fisika Melalui Simbol Bahasa: Asyik dan Menyenangkan

    Gambar simbol fisika

    Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh sebagian siswa sekolah menengah pertama maupun menengah atas. Ketidaksukaan siswa pada mata pelajaran fisika karena banyak rumus dan hitungan matematis. Meskipun demikian, fisika tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Mempelajari fisika adalah bagian dari pengakuan kepada Tuhan Allah Pencipta alam semesta yang maha luas.

    Fisika adalah ilmu dasar yang memberi dampak luar biasa dalam perkembangan sains dan teknologi saat ini dan yang akan datang. Penelitian fisika masih sangat luas untuk diteliti, meskipun ilmu lain telah mencapai batas, tetapi fisika belum ada batasannya. Penemuan saat ini, masih terus dilakukan inovasi dan pembaharuan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

    Teknologi apapun di dunia ini sudah pasti merupakan aplikasi dari fisika dasar. Salah satunya adalah penggunaan handphone yang masive sebagai media pembelajaran abad 21. Produk handphone adalah pengembangan dari fisika tentang gelombang elektromagenetik (g.e.m), listrik, cahaya, bunyi dan besaran lain yang dapat diperhitungkan untuk menghasilkan sebuah model smarthphone.  

    Bukan tanpa alasan, semua hasil pengembangan produk teknologi dihitung dengan menggunakan suatu besaran dan satuan yang tepat. Besaran fisika selalu melekat dengan sesuatu yang bisa diukur, sedangkan satuan sebagai pambanding dalam mengukur. Misalkan mengukur cepat rambat gelombang elektromagnetik menggunakan suatu persamaan c = s/t. C = cepat rambat gelombang elektromagnetik, satuan meter per detik, s = jarak tempuh gelombang elektromagnetik, satuan meter, t = waktu tempuh gelombang elektromagnetik, satuan detik.

    Dalam kaitan dengan pembelajaran fisika di kelas, siswa seringkali mengalami kesulitan memahami konsep fisika dengan sebuah rumusan matematis. Tidak lain adalah rumus fisika yang disampaikan dalam bentuk simbol huruf. Seperti panjang simbolnya l, kecepatan simbolnya v, percepatan simbolnya a, gravitasi simbolnya g, usaha simbolnya w, gaya simbolnya F dan masih banyak simbol fisika lainnya.

    Sebenarnya fisika itu asyik dan menyenangkan, mengapa demikian? Fisika adalah ilmu alam yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Belajar fisika itu mudah karena selalu kontekstual dalam kehidupan nyata. Hanya saja sering kali kita dipersulit dengan pemecahan masalahnya secara matematis. Persoalan fisika dapat diselesaikan dengan asyik dan menyenangkan jika kita menggunakan bantuan matematika.

    Memang benar, kata para ilmuan bahwa matematika adalah raja ilmu pengetahuan. Matematika dapat dijumpai dalam setiap bidang kehidupan. Misalkan dalam pelajaran agama, ada hitungan matematis yaitu satu tambah satu bukan dua melainkan satu, dua individu menyatuh hati untuk satu tujuan hidup berumah tangga. Ekonomi apalagi, banyak hitungan bilangan debit kredit, meskipun hitungan sampai triliunan tetapi hanya sebagian kecil saja yang bisa mendapatkannya dan masih banyak ilmu lainnya yang menggunakan hitungan matematika.

    Fisika sebagai ilmu eksperimen memegang peranan penting dalam perhitungan data yang tepat, akurat dan akuntable. Melalui rumusan fisika yang tepat dapat menghasilkan suatu pengukuran yang akurat dan akuntable. Fisika bukan soal matematis, tetapi lebih dari itu memanfaatkan ilmu matematika sebagai alat bantu untuk menyelesaikan persoalan fisika sehari-hari.

    Sistem PARMA (pasang rumus masuk angka). Sesuatu yang sudah menjadi biasa kalau rumus fisika itu adalah kunci. Ibarat membuka pintu rumah harus menggunakan kunci yang tepat. Jika salah, sudah pasti menjadi masalah. Namun jika rumus sudah tepat, masukan angka yang diketahui, kemudian hitung secara matematis, hasilnya pasti tidak diragukan lagi. Namun apakah rumus perlu dihafal?

    Jawabannya adalah harus di hafal atau paling tidak simpan dalam memori ingatan. Meskipun demikian, tidak semua rumus fisika harus dihafal. Cukup mengingat satu besaran saja, yang lainnya tinggal disegitigakan secara ajaib. Caranya adalah perbanyak latihan, sudah pasti akan tersimpan dalam file kecerdasan.

    Bukan sesuatu yang dibandingkan, tetapi inilah kenyataan bahwa fisika menggunakan rumus yang tepat tetapi hitungan matematis yang salah juga berdampak pada hasil yang salah juga. Itulah sebabbya fisika mengambil matematika sebagai raja ilmu pengetahuan untuk dijadikan pembantu dalam menyelesaikan soal fisika. Jadi sesungguhnya kalau ada siswa yang hebat fisika, dia sebenarnya adalah raja ilmu pengetahuan sejati yang menghasilkan produk teknologi.

    Banyak simbol fisika yang digunakan dalam perhitungan matematis. Simbol fisika boleh berbeda, tetapi mengandung arti yang sama. Contoh besaran panjang disimbolkan l, ada juga simbol x, r, s dan sebagainya. Berikut ini ditampilkan simbol fisika dan artinya:

    Besaran Fisika

    Simbol

    Asal simbol

    Panjang

    L

    Lenght

    massa

    M

    Mass

    waktu

    T

    Time

    gaya

    F

    Force

    kecepatan

    V

    Velocity

    percepatan

    A

    Acceleration

    gravitasi

    G

    gravitation

    usaha

    W

    Work

    tekanan

    P

    Presure

    Jumlah sat

    Mol

    Mole

    luas

    A

    Are

    berat

    W

    Weight

    jarak

    d

    Distance

    Jari-jari (R)

    rad

    Radian

    Momen gaya

     

    Torsi (abjat Yunani)

    Momen Inersia

    I

    Inertial

    Momentum Sudut

    L

    kesepakatan

    Momentum Linear

    P

    Kesepakatan

    Frekuensi

    f

    Frequence

    Periode

    T

    Time

    Sudut

     

    Teta (abjat Yunani)

    Daya

    P

    Power

    Suhu

    T

    Kesepakatan

    Energi kalor

    Q

    Kesepakatan

    Energi Kinetik

    EK

    kesepakatan

    Energi Potensial

    EP

    Kesepakatan

    Kecepatan sudut

    ω

    Omega (abjat Yunani)

    Percepatan sudut

    α

    Alva (abjat Yunani)

    Selisih awal dan akhir

    Δ

    Delta (abjat Yunani)

    Penjumlahan

    Sigma (abjat Yunani)

     

    Demikian beberapa simbol besaran fisika yang dapat diketahui. Pada dasarnya simbol besaran fisika berasal dari bahasa inggris dan Yunani, karena memang pertumbuhan ilmu fisika diprakarsai oleh ilmuan dari bangsa Yunani. Masih terdapat simbol fisika lainnya yang dapat ditemukan dalam buku fisika lainnya. Kuncinya adalah memahami arti fisis dalam fisika kehidupan nyata. Lebih baik membaca berulang-ulang daripada membaca sekali tapi tidak mendapatkan sesuatu.***

    [otw_is sidebar=otw-sidebar-6]

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    28 Responses

    1. okna_ytonOktober 13, 2023 at 7:53 amReply

      Какие пластиковые окна лучше для дачи: советы по выбору
      окна rehau цена http://plastokoshko.ru/.

    2. Xinah_uiolNovember 7, 2023 at 9:39 amReply

      Защита от окружающей среды с помощью стрейч пленки
      пленка стрейч купить http://streych-plenka-msk1.ru/.

    3. AllenFoeroMaret 23, 2024 at 4:19 pmReply

      Услуга демонтажа старых частных домов и вывоза мусора в Москве и Подмосковье. Наши специалисты бесплатно выезжают на объект для консультации и оценки объема работ. Мы предлагаем услуги на сайте https://orenvito.ru по доступным ценам и гарантируем качественное выполнение всех работ.
      Для получения более подробной информации и рассчета стоимости наших услуг, вы можете связаться с нами по телефону или заполнить форму заявки на нашем сайте.

    4. CurtiswekMaret 24, 2024 at 4:24 pmReply

      https://na-dache.pro

    5. JeffreyReorsMaret 24, 2024 at 8:57 pmReply

      https://1ecenter.ru/

    6. JeffreyReorsMaret 24, 2024 at 8:59 pmReply

      https://hoteltramontano.ru/

    7. PeterstileMaret 25, 2024 at 2:40 pmReply

      сео агентство

    8. PeterstileMaret 25, 2024 at 2:43 pmReply

      продвижение сайтов в москве

    9. EugeneApeloMaret 28, 2024 at 10:42 pmReply

      https://potreb-prava.com/

    10. CharliesnusyMaret 30, 2024 at 8:24 pmReply

      https://sporty24.site

    11. JimmyskentMaret 30, 2024 at 10:36 pmReply

      https://acook.space/

    12. WilliamBobApril 1, 2024 at 11:13 pmReply

      https://gruzchikibaza.ru/

    13. NathanWedApril 2, 2024 at 11:37 amReply

      https://gruzchikikorob.ru

    14. WilliamfemApril 8, 2024 at 9:29 pmReply

      עכשיו לאתר ותבחרו דירות דיסקרטיות בהרצליה מתוך מגוון רחב של דירות המחכות רק לכם בסטנדרטים הגבוהים ביותר. בילוי בישראל אקס פיינדר שנחשב לדבר הבא בעולם המבוגרים. האתר נגיש איכותי ומהיר המאפשר התחברות ישירה לאפליקציית הניווט הטובה בעולם WAZE אקספיינדר והעניקו נערות ליווי ברחובות

    15. RalphstanyApril 10, 2024 at 3:09 pmReply

      https://kvartiruekb.ru/

    16. EdwinBreleApril 11, 2024 at 5:01 amReply

      https://zhknoviydom.ru/

    17. RobertmeandApril 11, 2024 at 10:34 amReply

      https://zhkkvartiradom.ru/

    18. StephenBiomaApril 11, 2024 at 7:30 pmReply

      https://zhknoviystroi.ru/

    19. GregoryNumApril 12, 2024 at 9:10 amReply

      https://diplomsdayu.ru/

    20. JesusKnonyApril 12, 2024 at 1:42 pmReply

      https://reshaitzadachi.ru/

    21. JacoblobbyApril 12, 2024 at 5:17 pmReply

      https://reshauzadachi.ru/

    22. RaymondkiserApril 14, 2024 at 2:10 pmReply

      https://kursovajaskill.ru

    23. AndrewGabApril 17, 2024 at 5:16 pmReply

      https://referatnash.ru/

    24. JosephjexApril 18, 2024 at 6:14 amReply

      Качественное написание рефератов https://referatnovy.ru/, курсовых и дипломных работ от лучших авторов. Уникальные работы под ключ. Заказать студенческую работу за 2 дня.

    25. RaphaeltouchApril 20, 2024 at 2:38 pmReply

      большой выбор офисной мебели

    26. MichaeluncokApril 22, 2024 at 2:49 amReply

      different: unforgettable, seductive, charming and very beautiful! Even if you used the services of escort girls before, and you with the high quality escort services including sex, erotic massage and striptease. Girls who have dedicated themselves to the free escorts

    Tinggalkan Balasan